Jadikan Positif Lagi Mental Dengan Terapi Menyanyi


Ingin suara bagus ataukah tidak, menyanyi jadi satu diantara langkah favorite untuk mengekspresikan perasaan. Bukan sekedar dari irama serta lantunan melodinya, tetapi lirik lagu kegemaran juga bisa memvisualisasikan situasi hati kita yang sebetulnya. Entahlah itu sedang susah atau suka. Diluar itu, ada pula faedah lainnya dari menyanyi untuk kesehatan mental Anda, lho! Baca keterangan faedah menyanyi dari beberapa pakar di bawah ini. 

1. Membuat hati plong 

Menurut satu riset pada tahun 2017, bernyayi bareng-bareng seperti di gabungan suara membuat Anda merasakan lebih bahagia. Hasil itu didapatkan sesudah periset minta sekumpulan orang yang punyai tanda-tanda stres atau masalah kekhawatiran bernyayi bersamanya. Periset tidak mengharuskan semua pesertanya harus pintar menyanyi atau punyai suara bagus. 

Sesudah menyanyi bersama dengan teratur tiap minggu, mood kebanyakan orang itu terlihat lebih lebih baik. Mereka merasakan lebih bahagia serta bisa bersosialiasi lebih baik di kehidupan seharian. 

Periset mengaitkan, gabungan menyanyi serta bersosialisasi dalam group jadi sisi penting dari pemulihan tanda-tanda sebab kedua-duanya memunculkan rasa kebersamaan, sejahtera, yakin diri, serta sense of belonging (rasa mempunyai serta terjebak dalam lingkungan). 

2. Dampaknya seperti yoga serta meditasi 

Beberapa riset yakini jika menyanyi sama berkhasiatnya dengan faedah meditasi yoga. Diantaranya ialah satu riset dari Sahlgrenska Academy di Kampus Gothenburg, Swedia. Team periset itu memelajari detak jantung beberapa anak remaja anggota gabungan suara saat menyanyi bersamanya. 

Menurut ketua periset yang seseorang pakar musik, Bj√∂rn Vickhoff, detak jantung anggota gabungan suara bukan sekedar melambat saat mereka mulai menyanyi, tapi dengan setahap jadi tersinkronisasi. Selanjutnya, irama jantung tiap anak itu berdetak selaras dengan tempo lagu. 

Vickhoff menjelaskan, waktu menyanyi serta mengembuskan napas, badan manusia akan aktifkan saraf vagus dari batang otak ke jantung. Saraf vagus yang aktif akan membuat jantung berdetak lebih lamban serta dipercaya baik untuk menigkatkan kesehatan emosional. 

Vickhoff selanjutnya memperbandingkan dampak dari faedah menyanyi dengan faedah yoga. Kenyataannya, kedua-duanya hampir mempunyai faedah yang sama. Vickhoff menjelaskan jika yoga serta menyanyi saling jaga skema pernafasan masih termonitor secara baik. 

Lebih bila pernafasan Anda baik, dampak positifnya akan menempel dalam periode waktu panjang buat kesehatan jantung serta tekanan darah. 

3. Kurangi pemikiran negatif 

Connie Omari, seseorang konselor serta terapis di North Carolina Amerika Serikat, memiliki pendapat yang sama masalah faedah menyanyi. 

Omari melatih beberapa pasien-pasiennya untuk seringkali nyanyi, terhitung waktu mengemudi sendiri di mobil. Latihan ini dia anggap dapat jadi langkah kurangi pemikiran negatif yang terkadang ada tanpa ada diundang waktu Anda sedang bengong dalam tempo lama. Contohnya waktu menyopir. 

Nah, dengan menyanyi sekalian nyetir, Anda mungkin dapat sekaligus juga kurangi tendensi ingin marah-marah serta mengumpat hadapi kemacetan jalanan. 

4. Menahan kekhawatiran 

Katie Ziskind, terapis psikologi dari Connecticut, mengungkapkan faedah menyanyi sekalian dengarkan musik. Dia menjelaskan jika mendendangkan satu lagu dapat membuat badan melepas hormon oksitosin dalam jumlahnya keluar banyak. 

Hormon oksitosin ialah hormon cinta, yang dapat diperoleh dari jatuh hati, melakukan hubungan intim, dan waktu Anda memeluk satu orang. Hormon ini dapat juga terhitung jadi hormon yang keluar waktu Anda merasakan bahagia. 

Hormon oksitosin dapat menimbulkan dampak rileksasi. Ziskind memiliki pendapat jika hormon yang didapatkan dari faedah menyanyi ini bisa kurangi tanda-tanda kekhawatiran berlebihan.

Posting Komentar

0 Komentar