Beberapa faktor Berikut Dapat Membuat Gigi Anda Keropos


Anda mungkin seringkali dengar mengenai penyakit tulang keropos alias osteoporosis. Bagaimana dengan gigi keropos? Jika Anda seringkali menyalahkan gigi peka serta gampang patah, bisa saja ini sinyal jika gigi mulai keropos. Pengeroposan gigi tidak bisa dipandang sepele serta harus selekasnya diatasi. Jika dibiarkan terus, keadaan ini bisa mengakibatkan kehancuran gigi yang kronis. 

Lalu, apa pemicu gigi keropos serta bagaimanakah cara menanganinya? Yuk, cari info jawabannya dalam penjelasan tersebut. 

Tanpa ada diakui, terdapat beberapa rutinitas seharian yang dapat menyebabkan pengeroposan gigi. Pada intinya, semuanya yang bisa menyebabkan berlangsungnya lubang gigi ciri khas karies, bisa menyebabkan berlangsungnya gigi keropos. Beberapa salah satunya misalnya: 

1. Kebersihan gigi yang jelek 

Mulut yang kotor adalah pemicu penting munculnya plak dibawah garis gusi, permukaan gigi, serta antara gigi. Plak ialah susunan tipis serta lengket yang dipenuhi dengan juta-an bakteri. jahat 

Jika Anda tidak rajin menggosok gigi, plak selalu tercipta serta menumpuk. Plak yang terus menumpuk ini semakin lama bisa mengakibatkan gigi busuk serta keropos. 

2. Minuman dan makanan asam 

Satu diantara pemicu tersering gigi keropos ialah paparan asam dari minuman dan makanan yang Anda mengonsumsi tiap hari. 

Air liur dengan alami akan menetralisir asam di mulut membuat perlindungan gigi Anda. Tetapi, jika Anda kebanyakan konsumsi minuman dan makanan asam, enamel serta dentin akan terkikis perlahan-lahan. Keadaan ini diperparah jika Anda terhitung jarang-jarang menggosok gigi. 

Konsumsi semua yang manis-manis dapat mengakibatkan hal sama. Saat konsumsi makanan manis, bakteri di mulut akan membuahkan asam. Nah, asam berikut yang bisa mengakibatkan kehancuran pada gigi Anda. 

3. Mulut kering 

Mulut kering (xerostomia) nyatanya dapat juga jadi unsur penyebab gigi keropos. Keadaan ini karena disebabkan badan Anda membuahkan air liur yang dikit. 

Walau sebenarnya, air liur penting untuk jaga kelembaban mulut serta menolong bersihkan sisa-sisa makanan yang melekat di permukaan gigi. 

Di lain sisi, senyawa di air liur Anda pun bertindak untuk menantang asam serta bakteri yang menyerang gigi. Sepanjang serta sesudah Anda konsumsi konsumsi makanan yang asam, air liurlah menolong menetralisir asam di mulut. 

Ini kenapa mulut yang kering bisa tingkatkan beberapa efek kehancuran pada gigi. 

4. Kisah penyakit asam lambung 

Kesehatan skema pencernaan kenyataannya merubah kesehatan gigi serta mulut Anda. Buat Anda yang punyai kisah GERD atau maag, naiknya asam lambung bisa mengakibatkan kehancuran gigi. 

Asam lambung yang naik ke mulut bisa mengurangi susunan terluar atau terdalam gigi Anda. Tidak hanya membuat gigi keropos, keadaan ini dapat mengakibatkan kehancuran gigi yang lain. Contohnya, gigi peka serta gigi berlubang. 

5. Bulimia 

Masalah skema makan seperti bulimia dapat jadi unsur pemicu gigi keropos. Bulimia ialah satu keadaan dimana satu orang alami ketakutan mengagumkan akan kegemukan. Mengakibatkan, orang dengan keadaan ini seringkali memuntahkan minuman dan makanan yang baru dikonsumsinya. 

Tidak cuma mengganggu skema pencernaan, rutinitas memuntahkan makanan dengan paksa dapat mengakibatkan kehancuran yang serius pada gigi. Cairan yang dimuntahkan pasien bulimia memiliki kandungan asam yang berbentuk korosif. 

Makin seringkali serta lama gigi terserang asam lambung, maka semakin ringkih serta keropos. 

6. Obat-obatan tersendiri 

Gigi keropos dapat karena disebabkan Anda konsumsi obat bebas atau dengan resep dokter. Beberapa macam obat mempunyai resikonya mulut kering. Nah, resikonya berikut yang membuat Anda lebih rawan alami beberapa kehancuran gigi. 

Type obat yang bisa saja pemicu mulut kering salah satunya obat pereda ngilu, antidepresan, antihistamin, dekongestan, serta obat hipertensi. 

7. Menyusu sekalian tidur 

Rutinitas menyusu sekalian tidur memang bisa membuat anak kecil cepat tidur. Sayangnya, rutinitas satu ini dapat mengakibatkan gigi anak cepat keropos. Mengapa? 

Saat anak menyusu sekalian tidur, gula dalam susu akan melekat di giginya dalam tempo yang lama. Gula ini selanjutnya akan dirubah jadi asam oleh bakteri jahat di mulut. Nah, permukaan gigi yang terus menerus terkena asam berikut yang bisa mengakibatkan gigi anak jadi busuk serta pada akhirnya keropos.

Posting Komentar

0 Komentar